Sistem pengapian atau pembakaran tidak sempura, campuran bahan bakarnya jadi kurang ideal. Bisa juga dari filter udaranya kotor yang menyebabkan aliran udara terlambat masuk ke ruang bakar sehingga bensin terlalu kaya. Sehingga busi terlalu sulit untuk membakar campuran tersebut. sisa campuran yang tidak terbakar ini membuat busi kotor atau mati.
Sama seperti komponen lainnya busi juga membutuhkan perawatan agar tidak kotor sehingga kinerja tetap stabil dan apinya tidak lemah. Selin itu perhatikan juga umur busi, apabila sudah cukup lama digunakan sebaiknya segera diganti.
Untuk perawatan busi agar tidak cepat mati sebaiknya diperiksa dan dibersihkan secara berkala setiap kelipatan 4.000km untuk setiap sepeda motor matic dan bebek, sedangkan type sport setiap kelipatan 6.000km dan lakukan pergantian setiap 8.000km untuk setiap type motor.
Selain menjaga dan merawat busi, jangan lupa rutin membersihkan filter udara. Sebab, seklaipun busi baru dan bersih sementara filter udara tetap kotor maka motor tetap tidak bisa dinyalakan atau berpotensi mogok dijalan.
Sumber : okezone.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar